Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes


Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes - Diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya bagi tubuh dimana kadar gula darah dalam tubuh yang tidak stabil atau meningkat yang disebabkan oleh pola makan yang tidak terjaga.

Kekurangan atau terganggunya insulin dapat menyebabkan gula darah tubuh menjadi tidak terkontrol karena insulin inilah yang befungsi untuk mengolah zat gula darah dalam tubuh menjadi energi sehingga kadar gula darah akan menjadi terkontrol dan stabil.

Gejala awal yang paling umum dirasakan oleh penderita diabetes yaitu akan mudah kelelahan, sering merasa kehausan, luka sulit untuk sembuh, dan beberapa gejala lainnya. baca juga: Gejala Awal Diabetes

PENYEBAB DIABETES

Faktor utama yang menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes yaitu karena pola makan yang tidak terjaga.

Pola makan yang tidak terjaga seperti banyak mengkonsumsi lemak, suka ngemil, junk food, dan sering makan gorengan bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit diabetes.

Selain faktor makanan, faktor lain yang dapat menjadi penyebab diabetes yaitu jarang melakukan olahraga, kurang waktu tidur, pikiran stres, dan kecanduan menghisap rokok.

DAUN SIRSAK SEBAGAI OBAT HERBAL DIABETES

Untuk itu, dalam upaya untuk pencegahan dan pengendalian diabetes Anda bisa lakukan dengan menghindari faktor penyebab diabetes tersebut.

Selain menghindari faktor penyebabnya, Anda juga bisa menggunakan ramuan herbal untuk menyembuhkan diabetes salah satunya ramuan dari daun sirsak.

KANDUNGAN DAUN SIRSAK 


Salah satu jenis tumbuhan yang dipercaya efektif untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil yaitu sirsak, atau lebih tepatnya manfaat daun sirsak.

Daun sirsak mempunyai berbagai macam kandungan senyawa penting bagi tubuh seperti annocatacin, annohexocin, acetoginins, anonol, anomurine, caclourine, gigantetronin, gentisic acid, linoleic acid, annonacin, dan beberapa senyawa lain yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh agar tehindari dari penyakit salah satunya diabetes dan kanker.

Cara Memilih Daun Sirsak

Untuk memanfaatkan daun sirsak sebagai obat untuk mengatasi penyakit diabetes, maka pilihlah daun sirsak yang memiliki kualitas bagus dan berkhasiat tinggi yaitu daun sirsak yang tidak kelihatan terlalu muda dan tidak terlalu tua, tidak rusak, tidak memiliki bintik-bintik putih atau hitam dan tidak dimakan ulat.

Cara Mengolah Daun Sirsak

Setelah mengetahui cara memilih daun yang berkualitas baik, kini saatnya Anda harus mengetahui cara untuk mengolah daun sirsak yang benar.

Cara mengolah daun sirsak yaitu dengan cara merebus beberapa daun sirsak kemudian meminum air hasil rebusannya secara rutin minimal 2 kali sehari.

Selain diolah dengan cara direbus, Anda juga bisa memanfaatkan daun sirsak kering, yaitu dengan menjemur beberapa helai daun sirsak terlebih dahulu hingga benar-benar kering kemudian digiling atau dihancurkan hingga menjadi halus. Setelah itu, Anda bisa menyeduh daun yang telah halus tadi dengan air panas seperti halnya membuat teh.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara lain yaitu dengan cara memblender beberapa helai daun sirsak dengan menggunakan air hangat.

Setelah di blender, tambahkan lagi sedikit air hangat kemudian diaduk-aduk hingga tercampur rata. Nah, setelah itu bisa langsung disaring dan air hasil saringannya itulah yang bisa Anda minum.

Ramuan-ramuan ini bisa Anda minum dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari dan sore hari.

Jika Anda melakukannya secara rutin dan teratur dengan penuh kesabaran, maka diabetes yang Anda derita akan berangsur-angsur pulih dan sembuh.

Nah, Itulah manfaat daun sirsak untuk penyakit diabetes.

Selain bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, daun sirsak juga sangat baik untuk mencegah penyakit kanker karena daun sirsak memiliki sifat seperti kemoterapi dan memiliki kemampuan untuk membunuh sel-sel yang tumbuh tidak sempurna. baca juga: 3 Cara Menjaga Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes

posted by: palaiinfo.blogspot.com
sumber: google.com

Silahkan share jika artikel ini bermanfaat :)

Comments