3 Cara Menjaga Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes


3 Cara Menjaga Kadar Gula Darah bagi Penderita Diabetes - Seseorang yang mengalami pradiabetes dan resistensi insulin, hendaknya harus menjaga kadar gula darah tubuh agar tetap berada dalam kisaran normal.

Untuk menjaga kadar gula darah tidak naik atau normal, mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula tinggi merupakan cara yang baik untuk dilakukan.

Mereka juga harus menjaga tubuh dari depresi serta mencegah kenaikan berat badan.

Selain itu, untuk menurunkan kadar gula darah mereka sebaiknya rutin dan teratur mengkonsumsi obat medis serta menjaga pola makan yang sehat.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gula darah tubuh yaitu dengan mencoba beberapa cara alami yang ada dibawah ini:

Berolahraga

Berolahraga dengan secara teratur merupakan cara sehat yang dapat membantu tubuh Anda agar tetap sehat dan juga sangat baik dalam menurunkan kadar gula darah tinggi agar kembali normal.

Namun, sebelum melakukan latihan apapun sebaiknya Anda konsultasikan dulu pada dokter dan jangan lupa untuk memeriksa kadar gula darah Anda sebelum dan setelah selesai berolahraga.

Berolahraga selama 20 menit tiap pagi hari sangat bermanfaat akan dalam mengendalikan kadar gula darah agar tetap normal.

Akan tetapi, Jika kadar gula darah Anda di bawah 100 mg / dL , maka Anda harus mengkonsumsi camilan dari beberapa makanan ringan untuk mencegah Anda dari hipoglikemia.

Diet Diabetes

Penderita diabetes dalam menurunkan gula darah tubuh, ada beberapa pertimbangan yang perlu diingat sebelum melakukan diet yaitu memilih jenis makanan yang sehat untuk mereka konsumsi dalam setiap harinya.

Mencegah resistensi insulin dan menormalkan kadar gula darah tubuh membutuhkan banyak perawatan dan juga harus teliti memperhatikan jenis makan sehat yang akan mereka konsumsi.

Namun, hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa melakukan diet saat mengalami diabetes dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika tanpa pengawasan dokter.

Dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa penderita diabetes harus berkonsultasi dahulu dengan ahli gizi dan dokter sebelum melakukan diet.

Saat akan melakukan diet, ada beberapa nutrisi yang paling penting dan Anda harus perhatikan, diantaranya:

- ALA (Alpha Lipoic Acid)

Alpha Lipoic Acid merupakan salah satu bentuk antioksidan yang bisa membantu untuk menjaga sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas.

Beberapa makanan yang mengandung ALA dapat Anda jumpai pada jenis makanan seperti brokoli, hati, kentang dan bayam.

Beberapa penderita diabetes bahkan dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen Alpha Lipoic Acid sebagai perlindungan mereka dari neuropati diabetes namun ini harus didiskusikan dengan dokter terlebih dahulu.

- Polifenol

Polifenol dipercaya sangat baik dalam membantu mengendalikan glukosa tubuh, tingkat lipid normal dan kesehatan pembuluh darah.

Polifenol bisa didapatkan pada beberapa jenis buah seperti blueberry, aprikot, lemon, kiwi, mangga dan beberapa jenis buah lainnya.

- Asam lemak Omega 3

Salmon dan sarden merupakan salah satu jenis makanan yang banyak mengandung lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan.

Lemak sehat yang terdapat dalam makanan ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh.

Selain itu, hal ini juga sangat baik untuk mencegah risiko terserang penyakit jantung yang merupakan salah satu komplikasi dari penyakit diabetes.

- Serat

Meskipun serat yang ada pada makanan tidak mempunyai kandungan nutrisi untuk tubuh, akan tetapi hal ini dapat mempengaruhi secara signifikan kadar gula darah di tubuh.

Dalam dunia kesehatan sendiri, serat ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu serat larut dan tidak larut.

Serat larut berguna membantu mencegah pengosongan lambung yang pada gilirannya akan dapat memperlambat penyerapan karbohidrat dalam tubuh.

Serat larut adalah jenis serat yang tidak bisa larut dalam air sehingga dapat meningkatkan eliminasi limbah yang secara signifikan baik dalam mencegah terjadinya sembelit.

Makanan yang kaya serat banyak terdapat pada makanan seperti kubis, buah, sayuran hijau, labu, jamur dan beberapa jenis dari keluarga kacang-kacangan.

Mengelola Stres

Stres kronis bisa membuat tubuh sulit untuk mengontrol kadar gula darah.

Perasaan stres akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat, mempercepat napas dan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Itulah sebabnya mengapa Anda perlu mengelola stres untuk menjaga gula darah tetap normal.

Nah, itulah beberapa cara menjaga kadar gula darah tetap stabil, selalu kontrol asupan yang akan di konsumsi dan jangan lupa untuk selalu pemeriksaan kesehatan untuk cek gula darah anda. baca juga: Gejala Awal Diabetes dan Pencegahannya

posted by: palaiinfo.blogspot.com
sumber: google.com

Silahkan share jika artikel ini bermanfaat :)

Comments