Gejala Awal Diabetes dan Pencegahannya


Gejala Awal Diabetes dan Pencegahannya - Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya gula darah dalam tubuh.

Meningkatnya gula darah akibat tubuh terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis.

Gula darah tubuh meingkat terjadi karena tubuh kelebihan asupan glukosa atau gula sehingga fungsi ginjal dipaksa bekerja keras untuk menyaring kelebihan glukosa atau gula yang masuk kedalam darah.

Jika kelebihan gula darah dalam tubuh tidak dapat disaring oleh ginjal, maka kelebihan gula tersebut akan keluar melalui urine bersamaan dengan cairan yang diambil dari jaringan tubuh. Sehingga hal ini akan memicu tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan.

Berdasarkan hasil penelitian terbaru yang dipublikasikan oleh American Diabetes Association, menunjukan bahwa hampir 7 juta penduduk Amerika yang di diagnosa menderita diabetes.

Namun, Anda tidak perlu cemas melihat statistik tersebut karena yang perlu dilakukan saat ini adalah mencegah dan memahami tanda dan gejala diabetes agar dapat melakukan pencegahan sejak dini.

TANDA DAN GEJALA DIABETES


Tanda gejala awal tubuh menderita penyakit diabetes adalah Tubuh mengalami rasa haus yang berlebihan dan terjadinya urinasi dalam tubuh.

Rasa haus yang berlebihan dan terjadinya urinasi merupakan salah satu tanda gejala awal terjadinya diabetes klasik.

Tanda dan gejala awal penyakit diabetes lainnya adalah sebagai berikut:

Kelelahan

Tanda awal yang menunjukan Anda menderita diabetes adalah tubuh Anda akan mudah merasa lelah.

Ada banyak faktor yang membuat tubuh menjadi lelah, yaitu tubuh kekurangan cairan akibat terjadinya peningkatan urinasi dan fungsi tubuh yang kurang baik.

Sehingga, gula yang masuk kedalam tubuh tidak sepenuhnya diolah oleh tubuh menjadi energi.

Berat Badan Turun

Berat badan yang turun juga bisa menjadi suatu indikasi jika tubuh Anda menderita penyakit diabetes.

Saat tubuh kehilangan gula ketika pembuangan urine, tubuh juga mengalami penurunan kalori. Dan saat bersamaan juga diabetes mengambil gula dari makanan yang Anda konsumsi sebelum mencapai sel tubuh dan inilah yang membuat tubuh merasa kelaparan.

Efeknya adalah tubuh akan mengalami penurunan berat badan yang signifikan, terutama jika Anda menderita penyakit diabetes tipe 1.

Penglihatan Kabur

Gejala diabetes juga dapat berakibat bagi kesehatan indera penglihatan. Sehingga daya penglihatan menjadi kabur.

Kadar gula darah dalam tubuh yang tinggi dapat menarik cairan dari berbagai jaringan pada tubuh, termasuk jaringan pada mata. Dan ini dapat mempengaruhi kemampuan Anda untuk melihat secara fokus.

Jika gejala ini tidak terdeteksi sejak dini, maka penyakit diabetes dapat menyebabkan kebutaan.

TIPS MENCEGAH DIABETES AGAR TIDAK MEMBURUK


Hal yang paling penting untuk mencegah kondisi diabetes semakin memburuk adalah dengan mengendalikan kadar gula darah agar tetap dalam keadaan normal, ini bermaksud untuk menghindari komplikasi yang lebih membahayakan pada tubuh.

  • Mengatur pola makan
  • Konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi
  • Kurangi makanan cepat saji
  • Hindari makanan / minuman dengan kandungan gula tinggi
  • Berolahraga secukupnya
  • Hindari rokok, asap rokok, dan alkohol
  • Jika mendapati luka, segera obati, jangan sampai terkena infeksi

Nah, itulah beberapa tanda gejala awal penyakit diabetes dan cara pencegahannya, semoga saja dapat membantu Anda untuk terhindar dari penyakit diabetes. baca juga: Tips menurunkan Berat Badan Berlebih

posted by: palaiinfo.blogspot.com
sumber: google.com

Silahkan share jika artikel ini bermanfaat :)

Comments