Cara Mengurangi Asam Lambung Tinggi


Cara Mengurangi Asam Lambung Tinggi - Kelebihan kadar asam lambung dapat membuat rasa tidak nyaman pada perut menjadi kembung, rasa perih hingga nyeri di ulu hati, mual – mual dan banyak lagi rasa ketidaknyamanan pada lambung lainnya.

Diketahui bahwa asam lambung sebenarnya memiliki peran yang penting pada sistem pencernaan manusia yang mana produksi asam lambung dihasilkan secara alami agar enzim pencernaan menjadi aktif sehingga memudahkan dalam proses pencernaan.

Tetapi jika asam lambung berlebih ini dapat menyebabkan masalah juga, yang dikarenakan produksi asam lambung yang terlalu banyak, Oleh karena itu perlu untuk dinormalkan kembali.

Sebenarnya cara mengatasi kelebihan asam lambung sangat erat hubungannya dengan pola hidup diet harian yaitu dengan menghindari konsusmsi makanan yang dapat menyebabkan produksi asam lambung bertambah banyak.

Sebagai contoh jenis-jenis makanan dan minuman pemicu produksi asam lambung meningkat seperti makanan pedas, jarang minum air, alkohol, makanan yang asam dan lain-lain.

Berikut ini akan di jelaskan lebih ringkas tentang cara mengurangi kelebihan asam lambung diantaranya adalah:

CARA MENGURANGI ASAM LAMBUNG BERLEBIH DENGAN MUDAH


Perbanyak Minum Air Putih

Air putih atau air mineral mempunyai pH yang sifatnya netral (tidak asam atau basa).

Sewaktu tubuh memperoleh cairan yang cukup maka tubuh terhindar dari beberapa gangguan makan seperti nafsu makan ingin berlebihan atau gangguan- gangguan psikis lainya yang berhubungan dengan makanan.

Hindari Kebiasaan Merokok

Kebiasaan buruk merokok juga menyebabkan tingkat produksi asam lambung menjadi meningkat sehingga untuk para pecandu rokok yang memiliki masalah pada lambung sangat disarankan untuk mengurangi atau jika bisa berhenti merokok.

Hindari Konsumsi Alcohol dan Makanan yang Pedas

Sering konsumsi alkohol dan makan makanan yang pedas adalah penyebab pemicu penumpukan asam lambung. Jadi saat merasakan perih di uluhati hati anda, jangan sesekali mengkomsumsi jenis makanan dan minuman ini jika tidak ingin merasakan rasa nyeri yang lebih parah lagi.

Hindari Minum Kopi Atau Makanan Yang Bersifat Asam

Sebenarnya kopi merupakan minuman yang baik untuk diminum hanya saja bagi yang sedang memiliki kadar asam lambung meningkat disarankan untuk mengurangi atau berhenti dulu karena kopi bersifat asam sehingga dapat memperparah kondisi asam lambung.

Hindari Minuman Bersoda

Untuk jenis minuman bersoda sangat penting untuk di hindari ketika asam lambung sedang naik karena minuman bersoda bisa malah memperparah penyakit asam lambung.

Untuk itu agar kondisi asam lambung kita kembali normal maka menjaga diri dengan menghindari minuman dan makanan yang dapat memicu produksi asam lambung semakin meningkat.

Serta memperbanyak konsumsi air putih, minum air jahe, dan makanan yang memiliki serat tinggi juga dapat mengatasi kelebihan asam lambung. baca juga: Manfaat Puasa bagi Penderita Kolesterol Tinggi

posted by: palaiinfo.blogspot.com
sumber: google.com

Silahkan share jika artikel ini bermanfaat :)

Comments