Manfaat Puasa bagi Penderita Kolesterol


Manfaat Puasa bagi Penderita Kolesterol - Bulan puasa yang sebentar lagi datang merupakan kabar baik bagi penderita kolesterol, karena di bulan puasa bagi mereka yang menderita kolestrol dapat mengontrol pola makan dan hal ini juga merupakan salah satu cara yang mudah, murah dan efektif dalam mengontrol kadar kolesterol dalam darah yang mencakup kolesterol LDL, kolesterol HDL, trigliserilida serta kadar kolesterol total.

Bagaimanakah sebenarnya manfaat puasa bagi penderita kolesterol ??

MANFAAT PUASA TERHADAP KOLESTEROL


Puasa merupakan cara sehat untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga menjadi salah satu cara bagi mereka yang ingin melakukan diet.

Namun, selain dalam menurunkan berat badan, puasa juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

Berikut ini beberapa kegunaan dan manfaat dari puasa bagi penderita kolesterol. baca juga: Tips Menurunkan Berat Badan Berlebih 

Menurunkan Trigliserida

Trigliserida merupakan lemak bebas yang terdapat dalam tubuh dan yang berfungsi sebagai cadangan makanan.

Ketika berpuasa, tubuh akan mendapatkan asupan kalori yang berasal dari glikogen atau gula darah yang berasal dari nutrisi makanan yang dikonsumsi pada saat sahur.

Jumlah glikogen dalam darah sebenarnya terbatas dan ketika glikogen telah habis digunakan dan tidak ada asupan lagi akibat berpuasa, maka tubuh akan mencari alternatif sumber kalori yang berasal dari cadangan lemak dalam tubuh seperti trigliseril, sehingga kadar trigliseril yang terdapat dalam darah akan mengalami penurunan. baca juga: Cara Menghilangkan Lemak di Perut Wanita

Kolesterol HDL dan LDL

Sebagian besar penyebab kadar kolesterol tubuh meningkat yakni berasal dari asupan makanan. Namun, dalam kehidupan sehari-hari, kolesterol yang ada dalam tubuh tetap diperlukan dalam berbagai proses biokimia tubuh terutama dalam sensitivitas hormon dan enzim.

Ketika asupan kalori dan lemak yang tersimpan dalam tubuh berkurang ataupun dibatasi, maka tubuh akan beradaptasi dengan meningkatkan produksi kolesterol HDL yang bertujuan untuk mengangkut kembali endapan kolesterol LDL yang banyak terdapat pada arteri darah untuk didaur-ulang dalam hati.

Akibatnya akan terjadi perubahan komposisi kolesterol LDL dan kolesterol HDL dalam darah.

Menurut salah satu hasil penelitian dikatakan bahwa penurunan LDL saat berpuasa berkisar antara 10-15 % sedangkan peningkatan HDL berkisar antara 5-10%.

Demikianlah beberapa kegunaan dan manfaat dari puasa untuk penderita kolesterol yang sebaiknya perlu diketahui. dan hendaknya pula tidak melupakan untuk melakukan olahraga secara rutin dengan jenis latihan yang ringan menjelang saat berbuka puasa agar kinerja organ tubuh makin optimal. baca juga: Buah Penurun Kolesterol Paling Ampuh

posted by: palaiinfo.blogspot.com
sumber: google.com

Silahkan share jika artikel ini bermanfaat :)

Comments